online marketing

Band boleh indie, tapi pemasaran harus tetap punya strategi yang mantap. Salah satu band indie yang memiliki strategi pemasaran online yang cukup baik adalah Everybody Loves Irene (ELI). Buat yang belum tahu siapa sih ELI ini harap mengetikkan keyword “Everybody Loves Irene” di google, niscaya akan segera dapat informasi lengkap soal band yang satu ini. Karena 9 entry di halaman pertama memang membahas soal siapa Everybody Loves Irene, termasuk 2 social network besar myspace dan multiply yang memang mereka buat khusus untuk promosi band mereka.

Official Web
Yap, ELI punya official email. Walau kalau kita search Google ternyata ga keluar di halaman pertama. Namun mereka tetap memiliki official web kan? Karena sedang promosi album ke-2nya, official webnya hanya berupa promo salah satu single mereka yang judulnya Rindu (bisa download juga lho). Beserta link ke beberapa promo page mereka yang lain di berbagai media online. Satu trik lain untuk mempopulerkan lagu mereka, ada code embed yang bisa dimasukkan di web dan ada juga promo untuk album pertama mereka (tentunya juga disertai dengan how to download RBT)

Social Network
Ini menarik, karena ELI cukup eksis di dunia per-social network-an. Mulai dari myspace, friendster, multiply sampai facebook semua dibabat habis. Di Friendster, teman mereka sudah mencapai 996 orang, move on to facebook, walau fansnya masih sedikit (80 orang), tapi semua fitur yang ditawarkan oleh facebook page dibabat habis. Mulai dari video, foto, event schedule dan discography berjejer manis di halaman facebook mereka.

Application
Ngomong soal Social Networking, terutama facebook harus punya dong yang namanya application. And yes guys, ELI punya application! Isinya memang agak sama dengan yang ada di web mereka, but still dalam hitungan hari sudah ratusan orang yang menggunakannya.

Imeem [dan ilike]
Another social network, dan yang ini khusus musik, I Love Imeem. Cara kerjanya murup dengan social network lain, bikin account, nyari temen, dan yang satu ini ditambah dengan denger musik.

Youtube
I dont have to explain kenapa youtube penting untuk sebuah band kan? Ok walau view mereka masih agak tipis, tapi at least bisa punya tempat untuk showcasing your clip or rekaman manggung and let the whole world to see.

Gue terus terang cukup salut dengan usaha mereka bermain dengan online media dan benar-benar memanfaatkan kelebihan yang ada di online untuk marketing band mereka. Hope for the best!

Author‘s Think:

 

Prinsip Indie adalah Independent… Do It Your Self. Di online media nggak harus mahal, yang penting taktis.

Tambahan Tools yang mereka udah punya juga adalah Widget
This is smart. Karena setiap fans nya bisa pasang widget ini dimana pun (Blog, account MySpace, Multiply, etc).

taken from:

http://think.web.id/brain/everybody-loves-irene/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s